6 Jenis Kamera yang Wajib Diketahui oleh Fotografer Pemula

Kamera Fotografer Pemula
Sumber: kumparan.com

Kamera merupakan perangkat elektronik pelengkap yang bisa kamu gunakan untuk mengabadikan berbagai momen penting maupun sebuah objek. Di zaman milenial yang canggih ini sekarang sudah ada banyak jenis kamera dengan berbagai fungsi untuk memenuhi kebutuhan.

So, apa saja jenis-jenis kamera tersebut? Check this out!

1. Digital Single Lens Reflex (DSLR)

Digital Single Lens Reflex (DSLR)
Sumber: blog.dimensidata.com

Digital Single Lens Reflex atau yang biasa kita kenal sebagai kamera DSLR ini cara kerjanya menggunakan sistem cermin otomatis dan pentaprisma atau pentamirror. Cermin ini akan meneruskan cahaya yang dipancarkan melalui lensa dan akan dikirim ke viewfinder. Desain dari kamera ini tebal. Dengan bodynya yang besar, kamera ini menjadi lebih kokoh untuk dipegang. DSLR juga bisa memberikan keseimbangan yang maksimal saat dipasang lensa berukuran besar.

2. Mirrorless

Mirrorless
Sumber: harapanrakyat.com

Jenis kamera Mirrorless ini tidak mempunyai cermin atau pentaprisma yang membuatnya sesuai dengan namanya. Cara kerja dari kamera ini dengan memancarkan cahaya yang akan langsung menuju sensor. Setelah itu hasil gambar pratinjaunya akan langsung tertampil di layar LCD atau bisa kita sebut dengan Electronic Viewfinder (EVF).

Kamera Mirrorles ini lebih praktis layaknya kamera pocket karena bodynya sendiri lebih kecil dibanding kamera DSLR. Mirrorless juga punya bobot yang lebih ringan sehingga kamu bisa mobilitas dengan kamera ini. Bagi fotografer pemula cocok banget menggunakan kamera ini karena tombol pengaturan yang dimilikinya lebih sederhana.

3. Point and Shoot

Point and Shoot
Sumber: hai.grid.id

Dengan kamera Point and Shoot kamu bisa lebih mudah untuk menangkap gambar lebih mudah. Sebab kamera ini bisa menyesuaikan kecepatan rana, aperture, fokus serta ISO dengan menghilangkan kebutuhan manualnya.

Saat menggunakan kamera ini dapat memungkinkan fotografer lebih mudah dalam memilih sistem pencahayaan yang sesuai berkat adanya flash internal.  Buat para pemula di dunia fotografi cocok juga menggunakan kamera jenis ini, karena pengaturannya serba otomatis. Pengoperasian kamera ini pun juga bisa touch screen, jadi kamu akan lebih mudah menggunakannya.

4. Bridge

Bridge
Sumber: carisinyal.co

Jika kamu menginginkan kamera yang punya kualitas dan fitur hampir mendekati DSLR, Bridge bisa menjadi pilihan yang cocok. Bridge punya pengaturan selayaknya DSLR dan bisa kamu gunakan secara otomatis seperti kamera pocket. Harga kamera ini pun juga terjangkau lho. Selain itu kalau kamu ingin beralih dari kamera pocket ke kamera semi profesional bisa menggunakannya.

5. Kamera Film

Kamera Film
Sumber: idntimes.com

Di kalangan anak-anak muda kamera film ini menjadi populer kembali meskipun umurnya sudah tua. Banyak anak-anak mudah memilih menggunakan kamera ini karena hasil fotonya unik sekali dan juga vintage. Dalam memotret gambar kamu harus menggunakan rol film khusus kamera ini. Jenis kamera film yang paling sering digunakan adalah seri 135 yang punya 35mm full frame, karena ukuran badannya lebih ringkas. Ada beberapa pilihan yang bisa kamu temukan pada kamera film 135 ini seperti rangefinder, kamera compact dan juga SLR.

6. Action Camera

Action Camera
Sumber: jogja.idntimes.com

Buat kamu yang suka olahraga ekstrim outdoor dan ingin mengabadikan momen-momennya, Action Camera ini cocok dipakai. Karena kamera aksi ini memang memiliki proteksi yang lebih terhadap lingkungan ekstrim, bahkan bisa kamu bawa untuk menyelam juga lho. Ukuran dari kamera aksi ini pun juga lebih ringkas sehingga mudah dibawa kemanapun. Merk GoPro menjadi salah satu Action Camera yang paling populer dan banyak digunakan.

Nah, itulah 6 jenis kamera yang biasa dipakai oleh para fotografer. Beberapa kamera di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. So, jenis kamera mana nih yang ingin kamu coba?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.