Ini Akibatnya jika Kebanyakan Minum Kopi

ArtikelPintar.com – Kafein yang memiliki rumus kimia C8H10N4O2 dan nama IUPAC 1,3,7-Trimethylpurine-2,6-dione tidak berefek buruk terhadap orang yang sehat. Akan tetapi, tetap perlu diperhatikan kadar jumlah normal di dalam tubuh. Bagi orang awam, kafein identik dengan kopi, padahal kafein juga terdapat pada teh, energy drink, es krim hingga obat-obatan.

caffeine

Lantas, seperti apa efek samping yang mungkin muncul jika kita terlalu banyak meminum kopi? Silakan disimak sahabat AP 😉

  1. Gelisah
    Kegelisahan merupakan efek yang ditimbulkan oleh kafein berlebih pada tubuh seseorang. Memang tidak semua pengkonsumsi kafein akan mengalami jenis efek samping berupa gelisah. Namun demikian, penelitian oleh Universitas Michigan memberikan kenyataan bahwa efek kafein yang parah untuk kategori gelisah ini bisa mengakibatkan tangan seseorang mudah gemetar hingga gampang tersinggung. Waduh!
  2. Jantung Berdebar (Masalah Kardiovaskular)
    Ini bukan debar jantung ketika melihat gebetan, namun karena kafein yang berlebih bisa menganggu susunan di saraf otak sehingga tekanan darah meningkat. Maka dari itu penderita sakit jantung dan hipertensi dilarang keras meminum minuman yang mengandung kafein.
  3. Sakit Kepala
    Meski terdapat beberapa obat-obatan yang memiliki indikasi untuk meringankan sakit kepala mengandung kafein dalam jumlah sedikit, ternyata kalau jumlahnya banyak malah bisa membuat orang yang tadinya tidak sakit kepala menjadi malah sakit. Para pakar mengatakan, jangan mengkonsumsi lebih dari 3 cangkir untuk kopi jenis espresso atau maksimal 6 cangkir kopi biasa per hari.
  4. Gangguan Pencernaan
    Kafein sejatinya bisa meningkatkan asam lambung. Jika Anda memiliki riwayat penyakit maag, maka hindari minum kopi terlalu banyak atau jika memang “terpaksa” minum kopi, minum setelah Anda makan. Jika memaksa, jangan heran jika perut akan terasa mulas atau mual ketika meminum secangkir kopi.
  5. Gangguan Buang Air Kecil
    Selain udara dingin yang bisa menyebabkan sering buang air kecil, ternyata kafein juga. Hal ini ditenggarai karena kafein memiliki sifat diuretik.
  6. Susah Tidur (Insomnia)
    Ini jelas sudah diketahui orang banyak. Kan kita minum kopi agar kuat terjaga entah karena lembur atau ingin begadang menonton bola. Namun, apa jadinya jika efeknya membuat kita susah tidur meski tubuh sebenarnya ingin sekali beristirahat? Syereeem :O

Leave a Reply